Sabtu, 23 Mei 2015

MENCOBA MENJADI BERWIBARA




            Kewibawaan, apa yang sobat ABe pertama kali pikirkan tentang kata satu ini. Tentu adalah kepemimpinan, ketenangan dan sikap untuk menghandle berbagai masalah yang sering melanda kelompok dan keluarganya.
Banyak orang yang mengaitkan kewibawaan dengan sebuah sikap yang cool dan dewasa, ini juga benar sob. Karena orang yang berwibawa cenderung memiliki pembawaan yang tenang sehingga mereka terkesan cool dan dewasa dalam setiap kesempatan yang dihadapi.
Orang yang berwibawa ini sangat di sukai oleh banyak pihak, baik itu keluarga, kerabat maupun pasangan. Nah kamu juga ingin kan ngegebet pasangan dengan kewibawaan yang terpancar dalam diri kamu. Untuk memiliki sifat yang berwibawa sebenernya tidak terlalu sulit. Karena kewibawaan seseorang itu bisa diasah dan gak melulu berasal dari bawaan atau bakat pribadi masing-masing. Termasuk kamu juga bisa kok kalo mau ningkatin wibawa di hadapan temen-temen kuliah atau kerja.
Perlu diinget bahwa dengan berwibawa gak berarti kamu harus punya status bos atau pejabat, tapi kalaupun kamu berada di level karyawan atau organisasi, kamu jadi bisa disegani dan nempatin sikap khusus kamu di tempat kuliah atau kerja. Semua orang tidak akan begitu saja melewatkan kata-kata kamu yang sedikit bicara namun ampuh dalam memberikan solusi. Nah untuk membantu kamu agar bisa menjadi sosok yang berwibawa, berikut ini ABe ulas berbagai cara menaikkan wibawa kamu yang layak kamu coba.

1. Tegas
Tegas disini bukan berarti kamu nunjukkin amarah atau bahkan kekerasan sob hehe, tapi cobalah tunjukkin sikap diplomatis, sopan dan cepat ngambil keputusan. Dalam dunia kerja khususnya, ketegasan dan kecerdasan dalam ngambil sikap bijak sangatlah diperlukan, di banding banyak bicara namun minim solusi dan kontribusi.

2. Jadi Teladan
Mulai sekarang coba untuk perbaikin sikap dan jadi contoh baik bagi orang lain di sekitar kamu. Dalam pekerjaan, perilaku bakalan berpengaruh sama kepribadian orang lain apalagi kalo kamu udah megang jabatan tinggi nanti di suatu perusahaan.

3. Bersosialisasi
Sikap individualis dan faham eksklusivisme bakalan buat orang lain enggan buat menghampiri kamu di kehidupan sehari-hari. Cobalah berbaur dengan kelompok atau komunitas tertentu untuk sekedar ngobrolin hal-hal baru yang juga bakalan ngasih kesan baik sama mereka. Dengan cara begini, lambat laun kamu bakalan dianggap sebagai bagian dari mereka.

4. Perluas Wawasan
Dijamin deh kalo kamu punya ilmu pengetahuan banyak dan wawasan yang luas, orang-orang di sekitar bakal yakin kalo kamu bisa menjadi sosok yang bisa diandalkan. Ilmu yang kamu punya bakalan lebih bermanfaat kalo dibagi sama orang lain dan jangan pernah khawatir kalo mereka bakalan jadi lebih pintar dari kamu.

5. Jangan Bercanda Berlebihan
Meskipun kamu bukan seorang pelawak, namun sesekali usahain bikin sedikit candaan dalam obrolan bersama orang lain. Tapi jangan pernah bercanda secara berlebihan apalagi sampe tertawa terbahak-bahak yang bisa bikin orang lain jadi gak respek sama kamu dan ngurangin kredibilitas sebagai sosok cool dan wibawa kamu di hadapan mereka.

6. Berbicara Seperlunya
Waktu ngobrol sama temen kerja, jangan pernah nyeritain pengalaman pribadi yang sebenernya gak pantes buat dibagi. Mending kamu nyeritain prestasi atau pengalaman sukses yang mungkin bisa jadi inspirasi buat mereka. Orang berwibawa hanya sedikit bicara namun itu memang berguna.


Itulah beberapa tips untuk menjadi berwibawa dan diseganin orang lain, semoga dapat membantu.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar