Selasa, 05 April 2016

RANGKUMAN PERTEMUAN 4 MATA KULIAH INTERNET MOBILE & SECURITY


E-Mail Security

E-Mail Security
Capaian pembelajaran:
Mahasiswa memahami tentang Penyadapan, Email Palsu, Penyusupan Virus, Spam, Mailbomb, Mail Relay

E-Mail Security
Dalam proses pengiriman email ada 2 komponen:
MUA (Mail User Agent) yang digunakan sebagai user interface dalam menulis/membaca surat, seperti Outlook, Pine, dll. Biasanya disebut program mail
MTA (Mail Transfer Agent) yang bertugas mengantarkan email, seperti Postfix, Sendmail, Qmail. MTA ini seperti kantor Pos pada proses pengiriman email yang akan mengirimkan dan memberikan stempel pada setiap email. Biasanya dikenal dengan istilah mailer

Sistem Email
Proses pengiriman E-Mail mirip proses pengiriman surat pos.
Aliran surat Pos sbb:
Rumah pengirim -> Kantor Pos Terdekat Pengirim -> Kantor Pos Pusat Pengirim -> Kantor Pos Pusat Penerima -> Kantor Pos terdekat Penerima -> Rumah Penerima.
Masalah yang berhubungan dengan email
Ada beberapa masalah keamanan yang terkait dengan sistem email, yaitu:
•Disadap
•Dipalsukan
•Disusupi (virus)
•Spamming
•Mailbomb
•Mail Relay

Penyadapan
•Email dikirimkan dari komputer kita ke mail server (sering disebut SMTP server) yang kita gunakan. Email tersebut diproses dan dikirimkan ke server berikutnya, dan seterusnya sampai ke server mail yang dituju, kemudian ke mailbox dari pengguna email yang dituju.
•Setiap server yang dilalui membubuhi tanda dengan menambahkan header “Received:”. Seperti contoh email sebelumnya yang memperlihatkan banyaknya field “Received:”. Urutan penambahan stempel ini adalah dari bawah ke atas.
•Mail server yang baru saja menerima email tersebut membubuhkan tanda Received dibagian teratas. Potensi penyadapan dapat terjadi pada setiap jalur yang dilalui, termasuk pada server yang menjadi perantara email tersebut.

•Potensi penyadapan ini dapat terjadi karena pengiriman email menggunakan protokol SMTP (Simple Mail Transport Protocol) yang tidak menggunakan enkripsi. Jika kita berada pada satu jaringan yang sama denganorang yang mengirim email, atau yang dilalui oleh email, maka kita bisa menyadap email dengan memantau port 25,yaitu port yang digunakan oleh SMTP.
•Demikian pula untuk mengambil email yang menggunakan protokol POP (Post Office Protocol). Protokol yang menggunakan port 110 ini juga tidak menggunakan enkripsi dalam transfer datanya. Ketika seorang pengguna mengambil email melalui POP ke mail server, maka kita bisa menyadap data yang melewati jaringan tersebut.

•Agar email aman dari penyadapan maka perlu digunakan enkripsi untuk mengacak isi dari email. Header dari email tetap tidak dapat dienkripsi karena nanti akan membingungkan MTA.
•Salah satu software untuk melakukan penyadapan: Wireshark.
•Saat ini sudah ada beberapa program (tools) yang dapat memproteksi terhadap penyadapan email. Contoh: Pretty Good Privacy (PGP), GnuPG, dan PEM.

PGP adalah singkatan dari Pretty Good Privacy, dan merupakan program komputer yang sering dipakai dalam proses kriptografi dan autentikasi pengiriman data komputer. Diperkenalkan tahun 1991 oleh Philip Zimmermann untuk menyandikan data dalam pengiriman surat elektronik. Dalam proses penyandian data ini, PGP mengikuti standar RFC 4880. Dengan menggunakan PGP maka isi akan dienkripsi, dan hanya orang tertuju yang dapat mendekripsi dan membaca email tersebut.
Kerugiannya adalah membuat repot pihak pengirim dan penerima karena keduanya harus memiliki program PGP, dan pengirim juga harus memiliki kunci umum penerima dan melakukan enkripsi pesan dengan kunci tersebut. Dalam bidang kriptografi, selain PGP, terdapat metode penyandian enkripsi dan dekripsi yang lain seperti: DES, AES, RSA, dan lain lainnya


Email Palsu
•Dalam aturan penulisan surat dengan Pos, di halaman depan terdapat alamat pengirim dan di halaman belakang terdapat alamat tujuan. Pak Pos tetap dengan senang hati mengantarkan surat ke alamat tujuan walaupun alamat pengirimnya salah bahkan dipalsukan asalkan alamat tujuan jelas. Akan tetapi yang tidak dapat dipalsukan adalah bahwa surat akan mendapatkan stempel dari kantor pos-kantor pos yang dilewatinya sehingga surat pos dapat ditelusuri.
•Pemalsuan email merupakan tindakan kejahatan di dunia cyber. Pemalsuan email dapat dilacak melalui header email palsu tersebut yakni dengan mengamati stempel yang diberikan oleh MTA yang dilewatinya

Email Palsu (lanjutan)
•Salah satu situs untuk membuat email palsu: emkei.cz , to: bisa ke gmail atau yahoo






















Contoh Email Palsu



























Cara untuk melindungi kita dari email palsu adalah:
•Dengan melihat header dari email. Perhatikan tempat-tempat yang dilalui oleh email tersebut atau perhatikan warning yang tampil.
•Abaikan setiap email yang meminta username, email address, password, tanggal lahir, walaupun berbahasa Indonesia dan mengatasnamakan admin gmail/yahoo, itu adalah email phising yang berusaha mencuri email anda, hati-hati karena dampaknya bisa sangat fatal, email adalah identitas anda di Internet.
Contohnya:

Attention: We are having congestion due to the anonymous registration of accounts so we are shutting down some accounts and your account was among those to be deleted. You account has been temporarily disable and needs to be re-validated. To re-validate your mailbox please enter details below. Full Name: Email: User Name: Password:

Penyusupan Virus
•Email sering dijadikan media yang paling efektif untuk menyebarkan virus. Hal ini disebabkan email langsung menuju pengguna yang umumnya merupakan titik terlemah (weakest link) dalam pertahanan sebuah perusahaan atau institusi.
•Program mail (MUA) dahulu sering dikonfigurasi untuk secara otomatis menjalankan program aplikasi yang sesuai dengan attachment yang diterima. Misalnya attachment yang diterima berupa berkas Microsoft Word, maka program mail langsung menjalankan Microsoft Word ketika file di download. Akibatnya berkas yang memiliki virus dapat langsung dijalankan.

•Pengamanan sistem biasanya menggunakan firewall. Namun firewall biasanya bergerak di layer yang lebih rendah, bukan layer aplikasi, sehingga tidak dapat melihat isi atau data dari email. Firewall yang baru sudah dapat menguji isi email terhadap tanda-tanda virus.
•Solusi untuk mengurangi dampak terhadap penyusupan virus adalah dengan menggunakan anti-virus seperti microsoft security essentials. Program anti-virus ini harus diperbaharui secara berkala.


Spam
•Spam didefinisikan sebagai “unsolicited email”, yaitu email yang tidak kita harapkan. Spam ini berupa email yang dikirimkan ke banyak orang. Biasanya isi dari email ini adalah promosi.
•Spam ini tidak terfilter oleh anti-virus karena memang bukan virus. Filter terhadap spam harus dilakukan secara khusus. Namun mekanisme untuk melakukan filtering spam ini masih sukar karena kesulitan kita dalam membedakan antara email biasa dan email yang spam.
•Pada mulanya proses filter spam dilakukan dengan mencari kata-kata tertentu di email yang diterima. Kata-kata yang populer digunakan sebagai subyek dari email adalah “Make money fast”. Namun hal ini tidak efektif karena para spammer mengubah kata-kata tersebut menjadi kata-kata plesetan.

•Jumlah email spam ini sudah sangat banyak sehingga dapat melumpuhkan server email. Banyak tempat yang tidak menjalankan filtering terhadap spam karena tidak mampu.
•Masalah spam masih menjadi masalah utama dalam sistem email saat ini. Ada organisasi yang bernama CAUCE (Coalition Against Unsolicited Commercial Email) yang menggalang upaya-upaya untuk membendung spam. Dan IDCERT Indonesia Computer Emergency Response Team, http://www.cert.or.id yang bertujuan memberikan deskripsi kejadian Abuse di Indonesia.

Statistik Internet Abuse Indonesia (IDCERT) Laporan Dwi Bulan V 2013















Pada periode September-Oktober 2013 ini, jumlah pengaduan terbanyak adalah kategori spam dengan jumlah 11.528 atau 62,51% dari total pengaduan. Dengan jumlah lebih dari separuh pengaduan, spam mendominasi pengaduan ke abuse@cert.or.id
Sumber :IDCERT: LAPORAN DWI BULAN-V TAHUN 2013 Bulan September-Oktober

Terima kasih atas kunjungannya"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar